Minggu, 17 Maret 2019

JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER


 Pengertian Jaringan PAN
PAN merupakan singkatan dari Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal). PAN digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi seperti (handphone, headset, smartphone, laptop dan lain-lain) sehingga bisa terbentuk komunikasi.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

     1.     Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
     2.     Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
     3.     Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.

Kelebihan Jaringan PAN(Personal Area Network)

1.     Mudah dalam perawatan jaringan.
2.     Jika ada permasalahan pada jaringan akan lebih mudah ditangani.
          3.     Hanya digunakan untuk sendiri.
          4.     Efisien dalam bekerja.
        5.    Memudahkan dalam mentrasnfer data.

Kekurangan Jaringan PAN(Personal Area Network)

1.     Jaringan terbatas hanya mencakup beberapa perangkat saja.
2.     Luas area jaringan juga sangat terbatas, hanya mampu mencakup 1 meter sampai dengan 10 meter.
3.     Tidak dapat mengirim data atau file sekaligus dengan jumlah yang besar

Pengertian Jaringan LAN
LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah. LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet.
Untuk membangun sebuah LAN dapat menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) ataupun keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN jenis wireless menggunakan sinyal Wi-Fi. Kebanyakan untuk LAN yang digunakan pada rumah-rumah menggunakan sebuah router untuk membuat sebuah jaringan sekaligus mengelolah perangkat yang terhubung dengannya.
Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan tablet untuk dapat saling terhubung. Biasanya router tersebut terhubung dengan sebuah kabel atau modem untuk menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung.
Perangkat komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. Pada kasus ini, komputertersebut berperan sebagai server, dan menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Hal ini sering diterapkan pada jaringan perkantoran atau sebuah lembaga.

Komponen-Komponen Jaringan LAN (Local Area Network)

     1.     Workstation , yaitu node atau host yang berupa sebuah sistem komputer.
     2.   Server , yaitu suatu perangkat keras (Hardware) yang memiliki fungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.
    3.     Link , workstation dan server tidak bisa berfungsi jika peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.
    4.   Network Interface Card (NIC) , suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan atau tranceiver cable, tetapi melalui Rangkaian elektronika wang dirancang khusus untuk menangani sebuah network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
    5.     Network Software , tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang diinginkan.

Kelebihan Jaringan LAN(Local Area Network)

Dengan menggunakan jaringan LAN kelebihannya adalah:

1.     Dapat dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Hal ini tentu sangat efisien, selain itu dengan berbagi resource anda juga dapat menghemat biaya pengeluaran.

2.      koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat.

3.     Untuk sebagai pemberi koneksi jaringan internet dalam sebuah ruangan.
4.     Data mendapat perlindungan dari server.
5.     Mengurangi pemakaian kabel.

Kekurangan Jaringan LAN(Local Area Network)

Dengan menggunakan jaringan LAN kelebihannya adalah:

1.     Keamanan yang Rentan karena Admin jaringan berperan penting dalam hal mencegah user yang tidak sah untuk mengakses data pada jaringan.

2.     Masalah pada server pusat dapat mempengaruhi seluruh jaringan komputer hingga mampu menyebabkan komputer tidak dapat melakukan komunikasi dengan komputer lainnya. Infeksi virus merupakan salah satu contoh masalah yang dapat terjadi pada server pusat. Infeksi virus ini dapat terjadi pada satu komputer lalu kemudian menyebar keseluruh komputer melalui server pusat, hal ini disebabkan karena seluruh data pada user terpusat pada server.

3.     Instalasi yang mahal bisa saja menjadi mahal tergantung bagaimana kebutuhan dan kondisi dilapangan, jenis topologi yang akan anda gunakan juga mempengaruhi biaya yang anda keluarkan.

4.     Cakupan wilayah koneksi yang terbatas hanya 10 meter sampai 1.000 meter.

5.     Walaupun diperlindungi oleh server ada kemungkinan password dapat ditembus karena  adanya celah untuk mendapatkan password tersebut.


Pengertian Jaringan MAN
MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network  merupakan sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi misalnya  kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya dengan jaraknya 10.000 meter sampai dengan 100.000 meter.
Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang mana dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Misalnya saja, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota bahkan pula jaringan mall-mall agar dapat saling berhubungan dengan antar kota yang ada. Jaringan ini mencakup suatu kota yang dibekali dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Dapat dikatakan jika jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel namun tidak dilengkapi dengan elemen switching yang dapat berfungsi untuk membuat rancangan menjadi lebih simpel. Kabel tersebut juga berfungsi untuk mengatur paket daya dengan melalui kabel output. Namun ada alasan utama mengapa MAN dipisahkan sebagai kategori khusus. Hal ini dikarenakan sudah ditentukannya standar untuk jaringan MAN. Bahkan standar tersebut kini sedang diimplementasikan. Standar yang dimaksud adalah DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau yang dikenal 802.6 sesuai dengan standart IEEE. DQDB terdiri dari 2 buah kabel yaitu unidirectional yang mana semua komputer terhubungkan.

Fungsi Jaringan MAN(Metropolitan Area Network)

Untuk membangun & Implementasi sebuah sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server yaitu  untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti messenger, chat,  video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.

Kelebihan Jaringan MAN(Metropolitan Area Network)

1.     Server yang berada di kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang yang ada.
2.     Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan di update saat itu juga)
3.     Cakupan wilayah dari jaringannya lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga berkomunikasi dapat menjadi lebih efisien dan tentu saja mempermudah bisnis yang dilakukan.
4.     Komunikasi yang dilakukan antara satu kantor dengan lainnya dapat menggunakan chatting, email dan lainnya.
5.     Keamanan dari jaringan komputer MAN lebih baik dibandingkan lainnya.

Kekurangan Jaringan MAN(Metropolitan Area Network)

1.     Biaya operasional dari jaringan MAN lebih mahal dibandingkan jaringan lainnya.
2.     Instalasi dari infrastruktur jaringan tidak mudah.
3.     Jika terjadi trouble pada jaringan semisal network trouble shoot akan rumit untuk mengatasinya. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya.
4.     mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi.

Pengertian Jaringan WAN
MAN merupakan singkatan dari Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, radiusnya dapat mencakup sebuah negara bahkan benua dengan jaraknya 100.000 meter sampai dengan 1.000.000 meter.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wide Area Network (WAN) merupakan sebuah jenis jaringan komputer yang mencangkup negara dan benua, atau suatu gabungan dari jaringan LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network).

Ciri-Ciri dan Karakteristik Jaringan WAN (Wide Area Network)

Berikut adalah ciri dan karakteristik WAN (Wide Area Network):
1.     Umumnya WAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan jaringan MAN. Sehingga jaringan WAN dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas.
2.     Radius yang dapat dijangkau oleh WAN sangat luas. Oleh karena itu biasanya pada jaringan.
3.     WAN akan melibatkan Operator telekomunikasi. Tujuan dari penggunaan operator telokomunikasi ini adalah agar perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan WAN dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
4.     Menggunkan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwith dalam lokasi dan jarak yang jauh.
5.     WAN  dapat melakukan pertukaran paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
6.     WAN bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Jenis-Jenis Jaringan WAN (Wide Area Network)

WAN terbagi dalam beberapa jenis dan macam yaitu:

1.     Leased Line.

Lased line merupakan jenis WAN yang sering disebut dengan koneksi dedicated point to point. Koneksi dedicated point to point merupakan jenis WAN yang tidak memerlukan proses call setup untuk memulai pengiriman data. Jadi mekanisme pengiriman paket data dilakukan dengan Synchronous serial.
2.     Circuit Switching
Jenis WAN yang satu ini terlebih dahulu akan melakukan call setup untuk membentuk koneksi, tujuannya supaya dapat memulai pengiriman data. PTSN dan ISDN merupakan protocol pada WAN yang menggunkan koneksi circuit switching pada jaringan publik.

3.     Packet Switching

Manfaat dari koneksi Packet Switching adalah pengguna dapat membagi bandwidth pada pengguna lain sehingga koneksinya akan lebih stabil dan dapat mengatur bandwidth sesuai dengan jumlah pengguna. Pengertian dari Packet Switching adalah pengembangan dari koneksi Lased Line dan mekanis mekoneksinya secara Synchronous Serial.

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network)

Setelah membahas pengertian, jenis dan karakteristiknya, yuk kenali fungsi dari WAN.
1.     Menghubungkan jaringan LAN dan jaringan MAN ke dalam satu jaringan.
2.     Dapat membantu mempercepat proses berbagi data atau sharing file.
3.     Berguna mempercepat dan mempermudah arus komunikasi serta informasi.
4.     Update data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan setiap saat dengan mudah dan murah.
5.     Sarana menyampaikan informasi jadi lebih mudah, cepat dan efisein.

Kelebihan Jaringan WAN (Wide Area Network)

1.     Penggunaan jaringan ini membuat server pada sebuah kantor pusat berperan dalam mengumpulkan data-data dari kantor cabangnya.
2.     Pengiriman dokumen maupun file dapat dilakukan dengan fasilitas email dan transfer file antar kantor pusat ke kantor cabang dengan cepat dan tidak banyak mengeluarkan biaya.
3.     Melakukan update data maupun mengumpulkan data dapat dilakukan setiap saat.
4.     Jaringan WAN dapat menghubungkan antarkomputer pada jangkauan yang lebih luas secara geografis.
5.     Dapat mengirim pesan berupa gambar,rekaman,lampiran data kepada orang lain dengan cepat.
6.     Jaringan MAN yang memiliki fasilitas koneksi workstations memudahkan utuk saling berbagi software dan resources.
7.     Semua pengguna jaringan MAN bisa menggunakan data yang sama,tidak ada istilah ada salah satu pengguna yang mendapatkan data atau informasi lama yang lain.
8.     Berbagi informasi lebih mudah tersebar karena jangkauan jaringan MAN lebih luas.
9.     Memiliki jaringan penutup yang besar.

Kelebihan Jaringan WAN (Wide Area Network)

1.     WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan dengan jaringan LAN dan MAN karena WAN masih perlu jalur-jalur komunikasi tambahan misalnya telepon dan satelit.
2.     Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet.
3.     Memakan biaya operasional yang cukup banyak dan biasanya lambat karena semakin besar jaringan yang digunakan maka membutuhkan biaya yang sangat mahal.
4.     Menjadi sasaran para hacker dan ancaman lain dalam keamanan informasi atau data dalam komputer dan sering terkena virus. Sehingga ada lagi beban biaya untuk mengadakan sistem perlindungan terhadap hacker dan antivirus.
5.     Dalam pemeliharaan jaringannya harus memerlukan pengawas jaringan dan teknisi yang bekerja secara penuh.
6.     Informasi yang tersebar di jaringan tidak dapat memenuhi kepentingan pribadi.
7.     Harus menyediakan sistem Firewall untuk meminimalisir pengguna luar yang bisa saja masuk dan menganggu jaringan.
8.     Karena memiliki jaringan yang begitu luas maka sarana yang digunakan juga begitu kompleks. Yakni membutuhkan berbagai peralatan dan data dari jaringan setempat dan kota yang berkomunikasi dengan cara global.






 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar